Tips Membeli PC Sesuai Kebutuhan

Melonjaknya harga PC berdampak pada mereka yang memilih budget terbatas. Jika anda diharuskan memiliki PC yang digunakan untuk kebutuhan pekerjaan, seperti warnet, desain grafis. Anda bisa membeli PC rakitan sebagai solusi jiks anda membutuhkan PC yang sesuai dengan kebutuhan namun budget pas di kantong. Berikut ini tips membeli PC sesuai kebutuhan.

Tips Membeli PC Sesuai Kebutuhan

Mencari Sesuai Kebutuhan

Dalam sebuah PC terdapat berbagai komponen di dalam CPU yang anda butuhkan agar PC anda bisa digunakan untuk bermain game, mulai dari Processor, RAM, VGA, dan HDD. Cari tahu spek terendah yang anda butuhkan untuk memainkan game di you tube.

Dengan begitu anda akan tahu, spesifikasi PC anda sekarang sudah mencukupi atau belum. Misalnya anda ingin merakit PC untuk game dengan pengaturan grafis yang tinggi dan resolusi 1080, maka anda perlu menyesuaikan spek PC.

Menentukan komputer yang menawarkan jenis VGA atau kartu grafis yang berkualitas tinggi. Karena kecenderungan saat ini program aplikasi komputer membutuhkan kualitas dan spesifikasi VGA yang tinggi untuk bisa berjalan dengan lancar.

Lihat jenis dan merek prosesor yang disertakan dalam komputer. Prosesor sebagai perangkat keras komputer memiliki peran penting dalam berpikir karena akan berpengaruh pada kecepatan komputer saat menjalankan beberapa program komputer.

Pahami Komponen PC

Tips membeli PC selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan riset perangkat keras PC yang baik di Internet. Mungkin hal ini merupakan hal yang sangat menyebalkan bagi anda, terutama bagi anda yang masih baru dalam dunia PC Gaming.

Anda bisa mulai dari prosesor yag terbagi menjadi 2 merk AMD dan Intel. Seperti apa spesifikasi keduanya dari segi jenis dan kecepatan prosesor, berapa core yang anda miliki. Bagaimana fungsi dari masing-masing komponen pada prosesor tersebut.

Lalu bagaimana perbedaan antara masing-masing komponen, dan jenis soket apa yang dimiliki oleh prosesor. Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada komponen selanjutnya seperti RAM, VGA, HDD, Power Supply, dan lain sebagainya.

Menabung

Anda sudah tahu yang saya maksud, tidak sedikit uang yang harus anda siapkan untuk membeli atau mengupgrade PC. Salah satu cara agar anda memiliki banyak uang adalah dengan menabung, terutama bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah.

Mungkin sebagian dari anda menganggap cara ini membutuhkan waktu lama. Tapi, anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika anda menabung dan bisa mendapatkan uang yang cukup untuk membeli atau mengupgrade PC anda. Salah satu manfaat menabung, selain bisa membeli PC atau meng-upgrade, anda juga bisa membeli PC yang original.

Bertanya ke Forum

Tips membeli PC selanjutnya adalah bertanya di forum, meski sudah mengetahui tentang komponen PC, anda tidak disarankan untuk segera membeli dan merakit PC. Anda harus dipandu oleh seorang ahli yang dapat merakit PC rakitan menjadi produk jadi. Jika tidak ada pendamping, anda dapat bertanya ke forum terkenal, seperti grup PC di FB.

Tips Memilih Komponen PC

Memilih Motherboard

Jika anda berpikir jauh ke depan dan anggaran anda terbatas, prioritaskan membeli motherboard terlebih dahulu dan pilih yang berkualitas dengan jumlah slot yang dapat memenuhi kebutuhan anda nantinya. Ada beberapa kasus, misalnya motherboard dengan soket AM4 untuk seri AMD Ryzen yang masih menggunakan firmware lama.

Hal ini tidak mendukung CPU Ryzen generasi kedua atau ketiga, sehingga penting untuk memastikan kompatibilitasnya. Jika anda berencana memiliki RAM 16GB tetapi anggarannya kecil, maka pilih motherboard yang ada 2 atau 4 slot RAM.

Sehingga anda dapat menambahkan RAM karena masih ada slot tersisa dengan konfigurasi 4GBx4 atau 8GBx2, atau bahkan 8GBx4. Besaran maksimal RAM yang bisa ditanam akan tergantung dari motherboardnya. Jadi pastikan untuk mengecek spesifikasi motherboard sebelum membeli, apakah yang memiliki kapasitas maksimal 16GB atau 32GB.

Memilih CPU/Prosesor

Dalam memilih CPU, anda harus meilihat dari spesifikasinya, seperti jumlah core dan clock speed. Hal ini akan mempengaruhi kinerja dalam kegiatan yang berbeda. Ada beberapa aktivitas yang mengutamakan kecepatan pada single core, namun ada juga yang mengutamakan jumlah core dengan kecepatan yang cukup per core.

CPU dengan jumlah inti yang lebih tinggi tidak berarti lebih baik daripada CPU dengan jumlah inti yang lebih rendah, tetapi tidak dapat diartikan sebaliknya. Misalnya untuk bermain game, sementara jumlah inti yang lebih tinggi akan membantu kinerja secara keseluruhan, kinerja dalam game akan bervariasi dari satu game ke game lainnya.

Memilih RAM

Tips membeli PC selanjutnya adalah mengenai RAM, komputer saat ini umumnya membutuhkan minimal 8GB, terutama jika anda suka menjelajah dan membuka banyak tab, yang juga berisi konten multimedia seperti video Youtube, sambil melakukan tugas lain seperti membuka Office.

Sebaiknya jangan memilih RAM dengan kapasitas dibawah 8GB, karena khawatir akan lemot dan merepotkan anda. Padahal, 8GB hanya cukup untuk menjalankan aktivitas standar, meski bisa juga digunakan untuk bermain game.

Perlu diingat, memiliki RAM 8GB misalnya, tidak semuanya akan digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game yang sedang anda buka, tetapi juga digunakan oleh proses di belakang layar oleh sistem operasi.

Semakin besar ukuran hardware suatu komputer maka semakin cepat komputer tersebut dapat menjalankan beberapa program yang ada. Apalagi jika kita termasuk orang yang menyukai game, maka sebaiknya kita memilih komputer desktop dengan ukuran RAM yang lebih besar.

Memilih Hard disk

Yaitu ruang kapasitas penyimpanan data, biasanya diukur dalam satuan GB atau TB. Semua dokumen, program, musik dan lainnya akan menggunakan ruang ini. Secara umum, semakin banyak kapasitas penyimpanan yang tersedia, semakin baik.

Memilih VGA

Jika kebutuhan anda hanya standar, anda mungkin tidak perlu khawatir dengan VGA. Namun, jika anda adalah penggemar game atau untuk kebutuhan desain grafis, maka spesifikasi VGA penting untuk anda periksa dan pilih dengan benar. Itulah beberapa tips membeli PC sesuai kebutuhan yang bisa anda pelajari sebelum membeli PC, semoga bermanfaat.

You may like these posts