Cara Merawat PC yang Benar Agar Awet Dan Lebih Maknyuss

Jika anda memilih PC yang memiliki spesifikasi tingkat dewa. Namun anda tetap harus rajin melakukan perawatan. Oleh karena itu, ada beberapa cara merawat PC yang benar anda awet, cepat, dan optimal, ini dia penjelasannya.

Cara Merawat PC yang Baik Dan Benar

Memasang Filter Debu pada CPU

Cara pertama untuk merawat CPU pada PC, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memasang filter debu. Hal ini dilakukan agar kipas yang akan mengalirkan udara dalam casing tidak terhalang oleh tumpukan debu atau kotoran.

Keberadaan filter debu sangat penting untuk dipasang di lubang aliran udara. Biasanya, ada beberapa titik yang bisa anda temukan di bagian atas, belakang, dan depan casing. Filter debu untuk PC cenderung besar dan dapat dipotong. Namun ada juga yang bisa langsung menempel.

Menutup Program yang Tidak Digunakan

Salah satu cara merawat PC yang benar, sebaiknya kita menutup program atau aplikasi yang sedang tidak digunakan. Hal ini dimaksudkan agar pada saat program yang tidak dibutuhkan untuk dijalankan akan membutuhkan memori (RAM).

Semakin banyak program yang dijalankan maka semakin banyak pula memori yang digunakan. Dampak negatifnya jika kita tidak menutup program yang tidak terpakai bisa berakibat buruk bagi komputer, yaitu komputer akan berjalan lebih lambat (slow) dan komputer akan semakin terbebani.

Letakkan Komputer di Tempat Terbuka

Bagi sebagian orang, meletakkan CPU di bawah meja biasanya dianggap biasa. Ternyata, hal umum ini justru membuat CPU lebih cepat kotor. Di tempat tertutup, debu dan udara lembab tidak hanya berkontribusi pada debu, tetapi juga membuat PC cepat panas. Idealnya, CPU diletakkan di atas meja dan ruang terbuka untuk aliran udara yang lebih sehat.

Dengan menempatkan CPU di bawah, simpul kabel biasanya berserakan sehingga dapat diinjak dan dipelintir. Jangan lupa juga untuk memasang kipas di dekat CPU dan monitor agar tidak cepat panas. Ini akan mencegah komputer memanas dan jika terlalu panas akan merusaknya.

Rajin Membersihkan PC

Idealnya, jika anda telah memberikan pelindung debu atau menyimpan PC anda di tempat terbuka, kami tetap harus melakukan perawatan setiap tiga bulan sekali. Meskipun kita telah memasang filter debu, namun kita harus membersihkannya karena debu yang menumpuk akan mempersulit aliran udara di dalam mesin.

Perawatannya sebenarnya sangat mudah, cukup menggunakan kuas cat (soft brush) dan bersihkan bagian demi bagian hingga komputer terlihat bersih dari debu dan kotoran lain yang menempel.

Ganti Komponen PC

Jika anda ingin PC anda menjadi lebih baik, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menginvestasikan uang untuk perangkat baru. anda dapat mengganti kipas yang lebih cepat atau mengganti heatsink yang lebih besar. Jika ada rezeki lebih, disarankan juga memasang alat pendingin cair.

Selain mengganti komponen untuk menjaga suhu di perangkat PC, anda juga bisa memperhatikan perangkat penting seperti unit catu daya. Biasanya PSU mudah rusak jika digunakan terlalu lama. Apalagi jika kita memasang perangkat yang murah tapi sangat rapuh. Selain dapat meningkatkan daya, PSU yang baik dapat bertahan cukup lama dan lebih aman digunakan.

Instal Antivirus

Sebaiknya kita juga menginstal program antivirus di komputer atau perangkat apapun termasuk smartphone, antivirus akan menghapus dan mencegah komputer anda dari virus yang menyerang komputer. Menginstal ulang juga berdampak buruk yaitu harddisk akan lebih cepat rusak dan juga jika memasangnya ke teknisi servis juga akan menambah biaya lagi.

Gunakan UPS / Power Supply

Cara merawat PC yang benar dengan UPS bertujuan untuk mencegah kerusakan PC, terutama pada hard disk karena listrik padam secara tiba-tiba. Selain UPS anda juga bisa menggunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik yang kadang naik turun.

Penggunaan UPS dan stabilizer perlu anda lakukan, agar PC lebih awet dan terhindar dari masalah yang tidak kita inginkan.

Matikan Komputer Saat Hujan

Hal ini menyebabkan pengaruh cuaca pada saat komputer dihidupkan, jika sedang hujan atau akan turun hujan sebaiknya komputer dimatikan terlebih dahulu agar tidak tersambar petir.

Gunakan Kabel Ground

Biasanya casing atau bagian luar CPU jika disentuh terdapat arus listrik yang sangat berbahaya jika ada yang memegangnya bisa tersengat listrik. Jadi cara untuk menghindari arus listrik pada CPU, kita tinggal menancapkan atau mengait ujung kabel yang sudah dikupas kemudian kupas ujung yang satunya lagi dan tanam.

Untuk panjang kabel, kisarannya harus 1 meter tergantung pada panjang cpu anda yang ditempatkan. Tujuan pemasangan kabel ground adalah untuk menetralisir arus listrik yang nyasar dan jika arus tidak nyasar maka akan menghemat daya listrik dan juga akan membuat komputer lebih awet.

Mematikan Komputer dengan Benar

Sebaiknya matikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar yaitu dengan menekan tombol Windows kemudian memilih menu shutdown. Jangan sesekali mencabut kabel daya dari dudukannya atau langsung menekan tombol daya pada CPU.

Menonaktifkan komputer dengan baik dan benar akan membuat komputer bertahan lebih lama daripada mematikan komputer secara tidak wajar yang dapat merusak komputer.

Bersihkan File Sampah

Mungkin masih banyak yang belum tau cara menghapus file dengan benar. Sebenarnya file atau folder yang sudah terhapus tidak langsung terhapus atau hilang dari PC, melainkan file tersebut tersimpan di Recycle Bin.

Hal ini dimaksudkan agar suatu saat jika pengguna komputer untuk mengembalikan data yang terhapus dapat mengunjungi Recycle Bin dan klik Restore. Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak serta merta hilang dari harddisk karena akan tertampung. Jika data di recycle bin tidak penting, maka anda harus menghapusnya seluruhnya.

Atur Kabel dengan Rapi

Terakhir, cara merawat PC yang benar adalah jangan membiasakan diri untuk tidak memperhatikan kabel. Kabel yang terkelupas atau kehilangan fleksibilitas lebih rentan terhadap kerusakan dan bahkan dapat mengancam komponen lain.

Untuk kabel CPU, misalnya, anda harus bisa melakukan pengaturan yang baik. Jadi, saat memasang atau mengganti komponen, anda tidak perlu khawatir lagi.

You may like these posts