Inilah Fakta Unik Android yang Perlu Diketahui

Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan dan dikembangkan oleh Google dengan versi kernel Linux yang dimodifikasi. Dalam perkembangannya, Android mendapat banyak pembaruan versi. Berikut beberapa fakta unik Android yang perlu anda ketahui.

Berbagai Fakta Unik Android

Android Tidak Selalu Berkaitan dengan Makanan Manis

Android tidak selalu tentang makanan manis atau dessert, namun Google memutuskan untuk tetap menggunakan nama manisan tersebut menurut abjad untuk setiap versi baru Android yang mereka rilis.

Jika memperhatikan nama-nama Android selalu menggunakan nama-nama makanan populer. Nama makanan yang selalu dipilih adalah makanan manis atau dessert. Sesuai dengan urutan nama OS Android mulai dari Gingerbread, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, dll.

Nama Android

Android awalnya memiliki nama Bugdroid, karena logonya yang mirip kecoa. Namun akhirnya yang dipilih adalah nama Android. Nama ini lahir dari nama Andy Rubin, penciptanya pernah bekerja di Apple dan mendapat julukan Android. Namun hingga saat ini tim internal Google masih menggunakan nama bugdroid.

Terinspirasi dari Logo Toilet

Logo asli Android didesain oleh Irina Blok yang terinspirasi dari film, dan juga tokoh ternama dunia. Uniknya, konsep logo Android yang sederhana sebenarnya terinspirasi dari gambar pria dan wanita yang biasanya ada di pintu toilet.

Banyak orang mengira logo Android melambangkan seorang wanita. Namun ternyata anggapan tersebut salah karena Android adalah laki-laki. Kata 'Andr' ternyata memiliki arti laki-laki, sedangkan 'Droid' berarti robo, jadi sesuai namanya.

Android Awalnya untuk Kamera

Andy Rubin pertama kali mengembangkan Android untuk digunakan dalam kamera digital. Setelah penemu Android Rubin dan timnya menawarkan Android sebagai sistem operasi untuk perangkat mobile ke beberapa perusahaan besar, sebelum akhirnya Google resmi mengakuisisi Android pada 2005.

Patung Android Menjadi Sasaran Vandalisme

Patung-patung yang semula digunakan sebagai bentuk apresiasi seringkali menjadi sasaran vandalisme oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Pada tahun 2012, patung robot Jelly Bean yang memiliki desain transparan juga mengalami kerusakan karena tidak kuat menahan cuaca panas yang melanda Mountain View saat itu.

Setelah itu, orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi tersebut untuk mencuri sejumlah Jelly Beans yang tersimpan di dalamnya.

Google Bukan Pencipta Android

Android juga berawal dari perusahaan kecil, yang pertama kali dibuat di Palo Alto, California mengalahkan Symbian dan Windows Mobile. Bahkan penemu Android sempat ingin menghentikan operasinya karena perusahaan kehabisan uang.

Android bukan ditemukan oleh Google, namun oleh Andy Rubin yang mendirikan sebuah perusahaan Android Inc.

Sistem Operasi Seluler Terlaris

Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengguna smartphone Android di dunia. Selain kerja keras Android, pihaknya juga terus berinovasi. Anda bisa melihat dari perkembangan sistem operasi Android dari tahun ke tahun.

Ponsel Pertama dengan Sistem Android

Android pertama kali digunakan pada ponsel HTC Dream pada tahun 2008 yang pada saat itu masih berukuran besar dan menggunakan keyboard qwerty dengan prosesor OMAP 850 dan RAM 64 MB. Berbeda dengan smartphone Android masa kini yang semuanya sudah menggunakan full touchscreen.

Smartphone pertama dengan sistem operasi Android yaitu HTC Dream memiliki desain unik dengan layar touchscreen 3,2 inci. HTC Dream terinspirasi dari Blackberry dan Palm OS. Itulah ulasan tentang fakta unik Android yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
Berikan komentar terbaik anda!