Android 10 VS Android 11, Mana yang Lebih Baik?

Android 11 hadir dengan berbagai perubahan untuk menyederhanakan pengalaman smartphone. Salah satunya notifikasi yang sepenuhnya diubah dengan yang lebih sederhana. Namun apa saja perbandingan Android 10 VS Android 11? Dan manakah yang lebih baik?, simak terus ulasannya berikut ini.

Mana yang Lebih Baik Antara Android 10 VS Android 11?

Pertama-tama, mari kita lihat berapa banyak kapasitas penyimpanan yang digunakan oleh semua sistem operasi. Dari sisi RAM, ketika anda baru saja menyelesaikan instalasi dan hanya menginstal CPU-Z.

Dari total 12GB RAM yang tersedia di smartphone, Android 9 memakan sekitar 25%. Android 10 hampir identik, hanya sedikit lebih boros. Tetapi Android 11 memakan lebih banyak RAM dan menyisakan 61% dari total kapasitas RAM.

Untuk penyimpanan, kapasitas penyimpanan internal yang digunakan Android 9 dan 11 hampir identik, yakni 5GB. Sementara Android 10 sedikit lebih efisien, hanya 4.64GB, tetapi perbedaannya tidak signifikan.

Jika diukur dengan software benchmark paling basic untuk Android yaitu Antutu v8.4.3, terlihat ada peningkatan performa dari Android 9 ke Android 10. Performa smartphone sama tetapi dengan Android 11 justru menurun. Khususnya adalah kinerja grafis dari Adreno 640.

Di sisi lain, software Antutu kini juga sudah tidak tersedia lagi di Google Playstore. Artinya ada kemungkinan tidak berfungsi dengan baik pada sistem operasi Android terbaru. Berdasarkan pengukuran di benchmark dengan aplikasi 3Dmark pada Sling Shot Extreme - OpenGL ES.

Ternyata ada peningkatan dari Android 10 dan Android 11 dan bisa dibilang cukup lumayan. Tapi Android 11 ini masih dalam versi beta, termasuk dari driver GPU dan lainnya. Namun, pada versi final mungkin akan menawarkan kinerja lebih baik.

Perbedaan Android 10 VS Android 11

Pada versi Android 10, pengalamannya lebih fokus pada aksesibilitas daripada notifikasi dan SMS. Seperti adanya fitur seperti live caption, smart reply, dark theme, dan lainnya. Amplifier suaranya juga mengalami peningkatan suara signifikan dengan menyaring kebisingan.

Navigasi gerakan juga telah ditingkatkan dengan penambahan beberapa gerakan baru, termasuk mundur dan maju, menggesek melalui aplikasi yang sedang terbuka, dan masih banyak lagi. Sedangkan Android 10 ke Android 11 merupakan peningkatan yang jauh lebih signifikan dari berbagai sisi, sehingga pengguna bisa lebih dari senang dengan itu.

Kesimpulan

Dari percobaan sederhana pada smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855, RAM 12GB, dan penyimpanan 512GB, tampaknya ada peningkatan kinerja yang lumayan. Namun meski belum final, sistem operasi anyar yang disediakan oleh produsen smartphone juga tampaknya memberikan potensi peningkatan performa yang lumayan juga.

Dengan kata lain, pembaruan sistem operasi yang dihadirkan oleh Google dan kemudian diadopsi oleh produsen smartphone dan didistribusikan ke semua pengguna, merupakan layanan purna jual yang sangat menyenangkan.

Jika pabrikan smartphone anda menawarkan pembaruan OS, lakukan saja. Namun jika kurang yakin kebenarannya, silahkan tunggu satu atau dua minggu hingga banyak yang menggunakannya lalu laporkan hasilnya, baik itu di forum diskusi online, fan page smartphone, atau review dari website review atau reviewer dari YouTuber.

Namun, jika anda hendak membeli smartphone Android, pilih yang menggunakan Android 11, atau akan tersedia di kemudian hari. Itulah ulasan tentang perbandingan Android 10 VS Android 11 yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
Berikan komentar terbaik anda!