Perbandingan Fitur Android 9 dan Android 10

Versi Android 10 membawa banyak keunggulan dibandingkan Android Pie. Sistem operasi Android 10 ini menarik banyak perhatian dari para pengguna smartphone berbasis platform Google. Nah berikut ini kami jelaskan perbandingan fitur Android 9 dan Android 10.

Perbandingan Fitur Android 9 dan Android 10

Mode Gelap

Google menerapkan beberapa perubahan pada sistem operasi terbarunya. Fitur ini yang paling ditunggu-tunggu pemirsa. Mode Gelap membuat latar belakang layar menjadi hitam.

Dukungan 5G dan Layar Lipat

Android 10 kini juga sudah mendukung jaringan 5G, sedangkan Android 9 masih sebatas 4G saja.

Live Caption

Dengan Live Caption, pengguna dapat mengakses teks secara otomatis untuk semua file multimedia, termasuk video, pesan audio, dan podcast. Menariknya, Live Caption juga bisa digunakan meski perangkat tidak terhubung ke Internet.

Pengenalan Wajah

Sebelumnya fitur pengenalan wajah bergantung pada kesediaan produsen perangkat untuk mendukungnya pada gadget yang mereka jual, di Android 10 pengenalan wajah sudah menjadi fitur yang umum. Dengan pengenalan wajah, pengguna dapat membuka kunci perangkat, mengonfirmasi pembelian aplikasi, atau menyetujui transaksi di Google Pay.

Undo Penghapusan Aplikasi

Sistem operasi Android 10 juga dilengkapi dengan opsi membatalkan penghapusan aplikasi ketika tidak sengaja terhapus. Dengan opsi baru ini, sistem operasi Android yang baru membuat pengguna tidak perlu repot mencari dan menginstal ulang aplikasi dari App Store.

Android 10 juga sekarang tidak tersedia Android Beam. Tapi jangan khawatir, anda masih dapat menggunakan aplikasi lain untuk mentransfer file atau data, atau aplikasi terkait NFC lainnya jika HP anda mendukung.

Perbandingan Kinerja

Dalam pengujian dengan Antutu, tercatat setelah menggunakan sistem operasi Android 10 terjadi peningkatan performa sekitar 13 persen. Meski tidak signifikan, hal ini tentu lumayan. Ini menunjukkan peningkatan yang telah dibawa Google ke sistem operasi terbarunya.

GeekBench yang mengukur kinerja CPU single-core dan multi-core, masing-masing memperoleh keuntungan sebesar 1,6 persen dan 11,7 persen untuk single-core dan multi-core. Demikian pula kinerja komponen lain yang diukur dengan PassMark. Baik sistem, CPU, memori, penyimpanan, dan GPU, semuanya menunjukkan peningkatan kinerja yang layak.

Android Pie

Sistem operasi Android Pie sudah menyebar sangat luas, bagi anda yang menyukai ponsel baru pasti pernah merasakan bagaimana sistem operasi Android Pie. Beberapa fitur yang tersedia di Android Pie seperti Navigation, Adaptive Battery, App Actions, Dark Mode dan masih banyak fitur lainnya.

Terdapat juga fitur App Actions untuk menampilkan shortcut ke fitur aplikasi yang anda butuhkan. Ada juga fitur digital wellness, fitur ini berfungsi untuk mengatur anda dalam menggunakan aplikasi yang ada di ponsel anda. Ada pemberitahuan berapa lama anda menggunakan aplikasi yang sedang dibuka.

Kesimpulan

Jika dibandingkan antara Android 10 dan Android Pie, tentu fitur Android 10 lebih unggul, karena memberikan fitur yang lebih banyak dibandingkan Android Pie. Pembaruan fitur yang ditawarkan Android Q cukup menarik. Dari sisi performa juga ada peningkatan performa.

Jadi, sebelum mengganti sistem operasi, ada baiknya anda membackup semua data penting. Mulai dari foto, video, file yang diunduh, chat di WhatsApp dan lain-lain. Untuk berjaga-jaga jika ada masalah selama pembaruan dan semua data anda hilang. Itulah beberapa perbandingan fitur Android 9 dan Android 10 yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
Berikan komentar terbaik anda!