Cara Memasang Domain Baru Di Blogger

Kabar gembira, banyak kemudahan yang bisa kita nikmati bersama produk google salah satunya adalah blogger. Blogger adalah tempat terbaik untuk membuat blog secara gratis, memiliki banyak fitur gratis yang bisa kita gunakan seperti subdomain populer yaitu blogspot.com sehingga mempermudah kita untuk belajar menulis artikel dan membuat website di internet. Menghemat biaya, karena semuanya tersedia disini. 


Berbicara tentang subdomain ini nantinya menjadi alamat blog anda, anda harus mengingatnya. Buat semenarik mungkin agar mudah diingat. Berlangsung hingga beberapa waktu yang cukup lama pasti anda akan memiliki rencana untuk memiliki domain. Mengupgrade subdomain blog menjadi versi berbayar.


Ini sangat baik, karena mengeluarkan sedikit modal harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas blog anda. Dengan Membeli tld domain akan membuat karakter pada alamat blog anda menjadi lebih menarik, lebih singkat, lebih proffesional dan seo friendly. Berbeda dengan subdomain blogspot, masih banyak perbedaan lainnya walaupun begitu subdomain ini juga sangat baik dan sangat direkomendasikan untuk anda gunakan pada blog baru anda (masih belajar ngeblog).


Pikirkan dengan baik sebelum membeli domain, Terutama pada kodisi kantong anda. Karena tld domain yang populer seperti .com, .net, .info, .blog itu lumayan mahal harganya Berkisar ratusan ribu lebih. memang ini nilainya tidak terlalu besar namun bagi kita orang yang sederhana nilai ini sudah cukup mahal. Kita akan kesulitan untuk membelinya, jangan paksa diri anda sebaiknya beli dan gunakan domain yang murah seperti .my.id, .website, .xyz, .site, .online dan lainnya. 


Domain baru memberikan banyak keunggulan dan dampak buruk buat blog anda. Memperkuat seo pada blog anda ini salah satu keunggulannya. Dan untuk dampak buruknya yaitu akan memperlambat proses index. 

Kenapa gitu? Bisa dibayangkan hingga sekarang ini anda sudah memiliki blog yang berumur 1 tahun bahkan lebih. Ini bisa dipastikan blog anda sudah memiliki traffic organik, Memiliki otoritas domain yang sudah baik. Anda mengganti subdomain blog dengan tld domain yang baru, maka apa yang akan terjadi? Blog anda akan di indeks ulang, kehilangan traffic untuk sementara waktu, dan dapat menurunkan peringkat artikel blog di google. Sangat mantul bukan, wkwkwk.


jika pertama kali mengganti subdomain blog ke domain baru maka anda jangan pusing karena semua alamat artikel blognya akan terarahkan langsung ke domain baru tersebut. Jadi traffic blog anda akan langsung mengetahuinya bahwa sekarang ini alamat blog anda sudah berubah. Namun jika sudah mengganti subdomain ke ltd domain dan menggantinya lagi ke domain yang baru maka akan berakibat fatal. Ini tidak baik untuk dilakukan, jangan pernah anda coba.

Sebaiknya gunakan tld domain disaat membuat blog yang baru. Saya bisa tebak, pasti anda sudah bosan dan tidak sabaran lagi untuk mengetahui tutorialnya kan? Berikut cara memasang domain di blogger untuk pemula, mari pahami dengan baik.


Cara memasang domain di blog


1. Pada dashboard utama blog, klik  menu setelan >> dasar >> klik + siapkan url pihak ketiga untuk blog.

Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog

2. Masukkan alamat domainnya pada kolom kosong yang sudah disediakan >> klik save.

Secara otomatis, akan terjadi error. Bagaimana cara mengatasinnya min? Yaitu anda harus menempelkan kode cname yang sudah diberikan oleh team blogger.com kedalam dns domainnya.

Cara memasang domain di blog

Buat anda yang masih bingung untuk menempelkan kode cname kedalam dns domain, bisa langsung melihat contoh diberikut ini.

Cara memasang domain di blog

3. kopy kode cname yang kedua. kalau diblogger.com tidak ada muncul kode cnamenya, anda bisa melihatnya melalui webmaster tools dengan cara mendaftarkan alamat domainnya >> klik pengaturan >> detail verifikasi >> pilih verifikasi dengan metode yang berbeda >> penyedia nama domain (lainnya).

Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog

4. loginkan akun anda pada website penyedia domain yang anda gunakan. seperti contoh: saya membeli alamat domainnya di niaga hoster.

5. klik menu hosting dan domain >> klik kelola pada domain yang ingin dimasukkan kode cname recordnya >> klik dns domain >> klik custom blogspot >> tempelkan kedua kode cnamenya pada kolom yang sudah disediakan, dengan baik dan benar >> klik save changes.


Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog

jika sudah selesai, jangan lupa untuk menekan tombol syncronize nya. Mengapa demikian? Agar kode cname yang sudah anda daftarkan tadi disesuaikan dengan baik, dan juga akan menyamakan name servernya secara otomatis.

Cara memasang domain di blog

Tunggu hingga beberapa menit, lalu coba kembali masukkan nama domainnya di blog >> klik save. pasti tidak akan error lagi. Jikalau error masih tetap terjadi error, anda harus menunggu agak lama lagi, sampai proses propagasinnya selesai dilakukan.

Nah, setelah domain tld nya sudah terpasang di blog, jangan lupa juga untuk mengalihkan alamat domain root nya ke alamat domain yang biasa / sedang anda pakai, dengan cara menceklist kotak pengalihannya.

Cara memasang domain di blog

You may like these posts