Cara Membuat Link Di Postingan Blogger Yang Baik Dan Benar

Membuat link di postingan blogger itu sangat mudah bagi kamu yang sudah mengetahui caranya. Lantas, bagaimana untuk kamu yang belum mengetahui? Masih masih pemula dan merasa kebingungan untuk membuat link nya? Tenang saja, aku akan memberikan panduannya dengan lengkap.

Terlebih dahulu Mari kenali jenis-jenis link. Banyak jenis link yang nantinya akan anda temui. Mulai dari internal links, external links, duplicate links, broken links, sitelinks dan masih banyak lagi. Diantaranya hanya terdapat 3 jenis link yang sangat penting untuk blogger. Mari kepoin dan pahami.

1. Internal links (inbound link) merupakan jenis link yang merujuk, mengarah, dan saling menghubungkan dengan link lainnya pada blogger anda (baik berupa postingan maupun sebuah halaman). Biasanya, internal links berada di postingan blogger (related post), di header blogger (menu navigasi), sidebar (postingan Terbaru, terpopuler / random) / bagian footer (link page). Internal links ini sangatlah penting apalagi Untuk faktor seo. Mari amati sendiri, kunjungi blogger anda dan lihat postingannya. Baca seluruh isinya sampai selesai. Jika sudah selesai, disitu anda akan menjumpai fitur related post (artikel terkait). Untuk Mencari informasi penting lainnya dan memenuhi rasa penasaran anda, secara otomatis anda akan mengklik artikel lainnya (internal link). 

Nah, disini bisa anda pahami bahwa dengan memasang internal links di blogger dapat meningkatkan page views dan menstabilkan rasio pentalan blogger. Ini sangat penting. Jika rasio pentalan pada blogger anda bernilai sedikit / rendah itu tandanya bagus. Bisa dikatakan hampir semua pengunjung blogger anda menghabiskan waktunya cukup banyak untuk berada lebih lama didalam blogger anda dan membaca postingannya. Artikel anda baik dan berkualitas. 

Dan sebaliknya. Jika rasio pentalannya bernilai tinggi ini tidak baik. Pengunjung merasa tidak betah berada didalam blogger anda dan postingannya kurang menarik untuk dibaca. Anda bisa mengatasinya dengan memperbaiki postingan blogger anda agar menjadi lebih baik lagi dan memperbanyak jumlah kata nya. Berapa nilai rasio pentalan pada blogger anda? Mari lihat selengkapnya di Google analytics. Buat akun google anaylitics dan hubungkan ke blogger anda.

2. Eksternal links (outbound link) adalah link keluar. Links yang dipasang di postingan blogger yang merujuk ke website lainnya. Jenis link seperti ini banyak dijumpai dengan niche tutorial seperti blogger saya ini. Eksternal links juga sangat penting, namun anda harus berhati-hati untuk menggunakannya. Sangat diwajibkan untuk menggunakan tag "Open Link in New Tab" pada eksternal link yang ingin dipasang. Ini bertujuan untuk mempertahankan rasio pentalan agar lebih baik lagi. Membuka link di tab yang baru dan tidak meninggalkan blogger anda. Juga pahami pada website lain yang ingin anda pasang link nya di postingan blogger anda. Apakah reputasi nya baik? Apakah berkaitan dengan niche? Mari tentukan dan gunakan tag nofollow (google tidak mengindeks link nya) dan dofollow (google mengindeks link nya). Ini ssangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak dapat memperburuk reputasi blogger atau website anda.

3. Sitelink merupakan link situs atau link blogger anda yang sudah berhasil disempurnakan yang akan dimunculkan di halaman pencarian google. Sitelink ini bisa berbentuk searchbox atau list artikel (breadcrumb), pelajari selengkapnya


Biasanya sitelink berisikan link yang banyak tertaut, banyak ditaut oleh website lainnya (berapa backlink) dan banyak yang mengunjungi nya baik dari media sosial maupun dari halaman pencarian google. Tidak perlu ambil pusing, cukup dengan menyempurnakan semua link blogger dan memperbanyak backlink berkualitas tinggi. Kini blogger anda sudah populer? Maka sitelink nya akan cepat dimunculkan di halaman pencarian google tentunya menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan. Setelah memahami jenis link Mari kita lanjut untuk membahas tutorialnya.
 

Membuat dan memasang link di postingan blogger 

1. Buka dan loginkan akun blogger anda.
2. Buka menu postingan > buat postingan.


3. Klik icon link > masukkan teks anchor dan linknya > tentukan tag rel nya > klik simpan.

|

Link baru telah tercipta di postingan blogger anda. Atau anda bisa menggunakan cara yang kedua agar lebih mudah. Klik dan tahan kata yang ingin dijadikan link > klik icon link > tentukan tag rel nya, lalu klik simpan.

Memang caranya agak sedikit berbeda ya, hehehe :) Okelah, saya rasa sampai disini aja pembahasannya. Saya harap anda dapat memahami informasi dan tutorial yang saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

You may like these posts